NABIRE.NEWS - Sean Connery, aktor film asal Skotlandia yang berperan sebagai "James Bond", seorang agen Inggris yang ramah dan seksi, dan terus menghiasi layar perak selama empat dekade, telah tutup dunia pada usia 90 tahun. Demikian BBC dan Sky News melaporkan pada hari Sabtu (31/10/20).

Connery dibesarkan dalam kemiskinan, di daerah kumuh Edinburgh dan bekerja sebagai penggosok peti mati, tukang susu dan penjaga pantai sebelum hobi binaraga membantu meluncurkan karir aktingnya yang mengantarkannya menjadi salah satu bintang terbesar di dunia internasional .

"Orang Skotlandia terhebat di dunia, yang terakhir dari bintang Hollywood yang sebenarnya, Bond yang pasti. Dia juga seorang patriot yang setia, pemikir yang mendalam dan manusia yang luar biasa."" demikian dituturkan Alex Salmond, mantan menteri pertama Skotlandia dalam mengenang sosok Connery. 

Connery akan dikenang pertama kali sebagai agen Inggris 007, karakter yang diciptakan oleh novelis Ian Fleming dan diabadikan oleh Connery dalam film yang dimulai dengan "Dr. No" pada tahun 1962.

Connery juga memainkan serangkaian peran penting selain Bond dan pernah memenangkan Academy Award untuk perannya sebagai polisi Chicago yang tangguh dalam "The Untouchables "(1987).

Pada usianya ke-59 tahun ia juga pernah dinobatkan oleh majalah People sebagai "pria terseksi" pada tahun 1989. 

Beberapa film non-Bond yang terkenal termasuk "Marnie" (1964) karya sutradara Alfred Hitchcock, "The Wind and the Lion" (1975) dengan Candice Bergen, "The Man Who Would be King" sutradara John Huston (1975) dengan Michael Caine, sutradara Steven Spielberg "Indiana Jones and the Last Crusade" (1989) dan kisah Perang Dingin "The Hunt for Red October" (1990).

Dua belas tahun kemudian, pada usia 53, Connery kembali sebagai 007 dalam "Never Say Never Again" (1983), sebuah produksi independen yang membuat marah mentor lamanya, produser Albert "Cubby" Broccoli.

Dalam sebuah wawancara tahun 1983, Connery menyimpulkan bahwa film Bond yang ideal memiliki "lokasi yang menakjubkan, suasana yang menarik, cerita yang bagus, karakter yang menarik - seperti cerita detektif dengan spionase dan latar eksotis dan burung yang bagus."

Terlahir sebagai Thomas Connery pada 25 Agustus 1930, dia adalah anak sulung dari dua putra dari seorang sopir truk jarak jauh dan seorang ibu yang bekerja sebagai pembersih. Dia putus sekolah pada usia 13 tahun dan bekerja dalam berbagai pekerjaan kasar.

Pada usia 16 tahun, dua tahun setelah Perang Dunia Kedua berakhir, Connery direkrut menjadi Angkatan Laut Kerajaan, dan bertugas selama tiga tahun.

Connery menikah dengan aktris Diane Cilento pada tahun 1962. Sebelum bercerai 11 tahun kemudian, mereka memiliki seorang putra, bernama Jason, yang menjadi aktor. Selanjutnya Connery  menikah dengan artis Prancis, Micheline Roquebrune, yang ditemuinya saat bermain golf, pada tahun 1975. (Red)

Post a comment

nabire.NEWS

{picture#https://1.bp.blogspot.com/-6pUnA5nMAJU/XtxVsT3qMfI/AAAAAAAAAdk/Or_LzfmtqdocFEJ_4BplnES8prVGr5j0gCLcBGAsYHQ/s1600/ghh.jpg} Nabire.NEWS adalah harian berita online berbasis Sains dan Humaniora. Ada empat hal yang menjadi fokus pemberitaan Nabire.NEWS, yaitu: (1) Kejadian menarik yang terjadi dalam kehidupan; (2) Artikel berupa Kajian Teori dan Gagasan Konseptual; (3) Fakta Peradaban Ilmu Pengetahuan; (4) Untuk menambah pengetahuan tentang kearifan lokal, maka disajikan informasi dari wilayah Timur Nusantara, khususnya Kabupaten Nabire {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.