NABIRE.NEWS - Bertempat di Hotel Mahavira Kabupaten Nabire, Papua, Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) menggelar acara Sosialisasi Implementasi Sub Penyalur dan Penyalur Mini pada Jumat (18/09/2020).

Turut hadir sebagai narasumber dalam acara tersebut adalah PIC Maluku dan Papua BPH Migas Johanes Renyut, Anggota Komisi VII DPR RI Dapil Papua, Marthen Douw, serta SBM Pertamina Rayon VI, Kukuh Bayu Sejati.

Kegiatan Sosialisasi Implementasi Sub Penyalur dilakukan demi percepatan penerapan BBM Satu Harga Secara Nasional. Sub penyalur diharapkan sebagai embrio lahirnya BBM satu Harga.

Adapun dasar Pelaksanaan Program BBM Satu Harga adalah Peraturan Menteri ESDM No. 36 Tahun 2016 tentang Pecepatan Pemberlakuan Satu Harga JBT dan JBKP secara Nasional. Sesuai Permen ESDM tersebut, BPH Migas mempunyai tugas untuk menetapkan Badan Usaha untuk menyediakan dan mendistribusikan Jenis BBM Tertentu dan Jenis BBM Khusus Penugasan pada Lokasi Tertentu.

Marwansah Lobo Balia, selaku 
Anggota Komite BPH Migas, menegaskan bahwa BPH Migas sebagai lembaga yang ditunjuk Pemerintah dalam melakukan monitoring dan pengawasan terhadap kegiatan hilir minyak dan gas bumi dan bertanggungjawab terhadap distribusi BBM secara nasional.

"Demi untuk menjamin ketersediaan BBM dan distribusi secara merata dan akses BBM yang mampu menyentuh masyarakat terutama di daerah yang sulit terjangkau khususnya di daerah pedalaman Papua, maka BPH Migas berupaya mendukung percepatan Sub Penyalur di daerah-daerah yang tidak terjangkau SPBU Pertamina," tegasnya.

Marwansah menambahkan bahwa dalam hal ini pihaknya bertugas untuk mengatur dan menetapkan ketersediaan distribusi BBM. Penting sekali BPH Migas untuk menjamin distribusi BBM secara nasional.

"Dari 7000-an Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang eksisting di seluruh wilayah Indonesia saat ini, masih jauh dari optimal. Sementara untuk membangun SPBU Baru membutuhkan investasi yang cukup besar. Disisi lain membangun SPBU harus melihat sisi keekonomiannya, sebab membangun SPBU di daerah terpencil dianggap tidak ekonomis bagi badan usaha," terangnya.

Menurutnya, khusus wilayah yang tidak tercover SPBU, pihaknya akan isi dengan Sub Penyalur. Bagaimana pihaknya membuat Penyalur-Penyalur tambahan yang legal, sehingga pihaknya dapat membuat semuanya berkah dan distribusi BBM yang merata di 
seluruh Indonesia

Senada dengan itu, anggota Komisi VII DPR RI dari dapil Papua, Marthin Douw, pada kesempatan tersebut berharap bahwa dengan adanya sosialisasi tersebut maka dapat membahas solusi atas keluhan dan kondisi-kondisi yang dihadapi masyarakat di Nabire seperti harga BBM yang mahal , kelangkaan, masih adanya pengecer BBM ilegal, juga keterkaitan distribusi penyalur dengan stakeholder. 

“Sebagai wakil rakyat, saya punya kewajiban memperjuangkan warga Papua, termasuk BBM yang murah sesuai ketentuan pemerintah ,” ujar Douw.


Komisi VII DPR RI dari dapil Papua, Marthin Douw

Menurut Douw, sesuai pasal 8 UU Nomor 22 tahun 2001 tentang Migas, Pemerintah wajib menjamin ketersediaan BBM untuk masyarakat secara nasional, termasuk di Papua. 

“Semoga sosialisasi ini mampu bertahap menjawab berbagai persoalan yang ada di Papua tentang ketersediaan BBM, harga maupun penyaluran bisa lebih baik ke depan,” ujarnya. (Red).

GALERI FOTO:






Post a comment

nabire.NEWS

{picture#https://1.bp.blogspot.com/-6pUnA5nMAJU/XtxVsT3qMfI/AAAAAAAAAdk/Or_LzfmtqdocFEJ_4BplnES8prVGr5j0gCLcBGAsYHQ/s1600/ghh.jpg} Nabire.NEWS adalah harian berita online berbasis Sains dan Humaniora. Ada empat hal yang menjadi fokus pemberitaan Nabire.NEWS, yaitu: (1) Kejadian menarik yang terjadi dalam kehidupan; (2) Artikel berupa Kajian Teori dan Gagasan Konseptual; (3) Fakta Peradaban Ilmu Pengetahuan; (4) Untuk menambah pengetahuan tentang kearifan lokal, maka disajikan informasi dari wilayah Timur Nusantara, khususnya Kabupaten Nabire {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.