NABIRE.NEWS - Kabar gembira datang dari Universitas Satya Wiyata Mandala (Uswim) Nabire buat seluruh masyarakat kabupaten Nabire yang berkeinginan melanjutkan pendidikan ke tingkat Strata Dua (S2), pasalnya Uswim sedang memantapkan rencana pembukaan program Pascarjana Ilmu Pemerintahan melalui kerjasamanya dengan Universitas Padjadjaran Bandung.

Rencana tersebut dikatakan langsung oleh Rektor Uswim, Drs. Petrus I Suripatty. M.Si., ketika ditemui awak media ini di ruang kerjanya pada hari Selasa (25/08/20), sekitar Pukul 13.15 Wit.

"Rencana kerjasama dengan Universitas Padjajaran untuk membuka program Magister ilmu Pemerintahan ini sedang dalam penjajakan dan sudah melalui tahap pembicaraan. Awalnya kami menugaskan Dr. Lewerissa untuk melobi, dan itu sudah ada kata sepakat dari pihak Universitas Padjajaran," ungkap Suripatty.

Suripatty menambahkan bahwa sejauh ini pihaknya sudah merencanakan pembukaan beberapa jurusan program Pascasarjana di Uswim dengan mencoba bekerjasama melalui beberapa Universitas, seperti: Universitas Papua (Unipa) di Manokwari khusus untuk Magister Pertanian, Peternakan, Ilmu Lingkungan, Kehutanan, Sumberdaya Akuatik, dan Biologi, dengan Universitas Cenderawsih (Uncen) di Jayapura khusus untuk Magister Pendidikan, dan Universitas Padjajaran Bandung khusus untuk Magister Ilmu Pemerintahan.

Sementara terkait rencana pembukaan program Pascarjana Ilmu Pemerintahan, menurut Suripatty, bahwa ke depan pihaknya akan menindaklanjuti ke tahap yang lebih serius agar lebih mengokohkan dan memperjelas kerjasama tersebut dengan pihak Universitas Padjajaran.

"Kami akan lebih mengokohkan rencana ini dengan pihak Universitas Padjajaran, jika tidak bisa pertemuan secara langsung mengingat pandemi covid-19 masih berlanjut, maka pertemuan akan digelar melalui Video Conference (Vicon) dengan Rektor atau Dekan Universitas Padjajaran," terang Suripatty

Jadi pada prinsipnya, lanjutnya, rencana pembukaan program Magister ilmu Pemerintahan ini sudah oke, yang dalam hal ini kedua pihak sudah sepakati bersama sehingga direncanakan akan segera di buka pada awal tahun 2021.

"Karena rencana ini sudah disepakati bersama dan prosesnya sudah dimulai, maka untuk Magister ilmu Pemerintahan ini direncanakan sudah bisa dibuka awal tahun 2021. Jadi, setelah segala sesuatunya dipersiapkan sesuai aturan, maka kami akan segera buka penerimaan mahasiswa," tandas Suripatty

Adapun sistem pembelajaran yang akan digunakan menurut Suripatty, adalah dengan tetap menerapkan sistem Daring namun pada saat-saat tertentu dosen Universitas Padjajaran akan diundang untuk memberikan kuliah langsung di kampus Uswim Nabire.

Suripatty mengatakan pula bahwa selama ini animo masyarakat kabupaten Nabire dan Meepago untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang strata dua cukup tinggi. Sehingga dengan keterbatasan yang ada, Uswim Nabire tetap berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat dengan mencoba menjalin kerjasama melalui beberapa Perguruan Tinggi Negeri yang berkualitas.

"Kami melihat sejauh ini animo masyarakat kabupaten Nabire dan Meepago, termasuk para PNS dan wiraswasta, memang cukup tinggi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Strata Dua," tegasnya

Menutup pembicaraannya siang itu, Suripatty menegaskan dengan mata yang berkaca-kaca bahwa segala upaya dalam membuka beberapa jurusan pada program Pascasarjana di Uswim adalah semata-mata merupakan bagian dari kepedulian pihak Uswim dalam meningkatkan SDM di Tanah Papua, khususnya di kabupaten Nabire tercinta.(Red)

Post a comment

nabire.NEWS

{picture#https://1.bp.blogspot.com/-6pUnA5nMAJU/XtxVsT3qMfI/AAAAAAAAAdk/Or_LzfmtqdocFEJ_4BplnES8prVGr5j0gCLcBGAsYHQ/s1600/ghh.jpg} Nabire.NEWS adalah harian berita online berbasis Sains dan Humaniora. Ada empat hal yang menjadi fokus pemberitaan Nabire.NEWS, yaitu: (1) Kejadian menarik yang terjadi dalam kehidupan; (2) Artikel berupa Kajian Teori dan Gagasan Konseptual; (3) Fakta Peradaban Ilmu Pengetahuan; (4) Untuk menambah pengetahuan tentang kearifan lokal, maka disajikan informasi dari wilayah Timur Nusantara, khususnya Kabupaten Nabire {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.