Nabire. NEWS - Webinar Series bersama LPPM Unipa dalam Session 3 Taman Nasional Teluk Cenderawasih, akan segera di gelar pada hari Rabu tanggal 8 Juli 2020 (Pukul 08.00 WIB/09.00 WITA /10.00 WIT), dengan tema "Kondisi Sosial Masyarakat di TNTC".

Adapun acara ini akan disiarkan secara langsung melalui chanel Youtobe, dengan moderator George Mentansan, S.Sos., M.Hum, yang merupakan dosen Antropologi Fakultas Sastra dan Budaya pada Universitas Papua.

Panelis yang akan dihadirkan dalam acara tersebut adalah Kepala Bidang Produksi Perikanan pada Dinas Perikanan Kabupaten Teluk Wondama, yaitu Michael N Wayoi, S.Pi. 

Sementara Narasumbernya adalah Ir. Ben Gurion Saroy. M.Si, yang merupakan Kepala Balai Besar Taman Nasional Laut Teluk Cenderawasih, dan Marjon Bato, S.Kel., M.Si., yang merupakan staf Dosen Ekowisata Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan di Universitas Papua.

Diharapkan kepada semua pihak otoritatif, dalam hal ini Dinas serta Instansi atau SKPD terkait, dapat mengambil bagian dalam acara webinar ini sehingga bisa memberikan masukan-masukan yang bersifat konstruktif demi pengembangan  Taman Nasional Teluk Cenderawasih ke arah yang lebih baik.

Bagi yang ingin menyaksikan, silahkan mendaftar melalui link pendaftaran berikut untuk mendapatkan link Zoom dan pesan teks pengingat: http://bit.ly/MASYARAKATTNTC

Taman Nasional Teluk Cenderawasih
Sedikit catatan bahwa kawasan laut Teluk Cenderawasih merupakan salah satu potensi wisata yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, khususnya provinsi Papua, dimana kawasan ini memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang tersebar baik di darat, di pulau-pulau maupun di perairan laut sekitarnya. 

Kawasan ini memiliki fungsi perlindungan sistem penyangga kehidupan. Mengingat pentingnya kawasan ini maka melalui Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 58/Kpts-II/1990 tanggal 3 Februari 1990, kawasan ini dinyatakan sebagai kawasan Cagar Alam Laut. 

Sekitar tiga tahun kemudian, kawasan konservasi ini ditetapkan sebagai Taman Nasional Laut Teluk Cenderawasih melalui Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 472/Kpts-II/1993 tanggal 2 September 1993.

Taman Nasional Laut Teluk Cenderawasih (TNTC), memiliki luas 1.453.500 Ha, dan merupakan Taman Nasional Laut terluas di Indonesia. Secara geografis kawasan ini terletak antara 1° 43"- 3°22" LS dan 134°06" – 135°10" BT. 

Secara administratif, kawasan ini berada dalam wilayah dua kabupaten, yaitu Kabupaten Teluk Wondama dan Kabupaten Nabire. Luas kawasan yang masuk dalam wilayah Kabupaten Teluk Wondama adalah sekitar 80 persen dari luas TNTC secara keseluruhan.

Kawasan TNTC membentang dari rangkaian Kepulauan Auri dari arah timur Tanjung Kwatisore di sebelah selatan sampai ke utara di atas Pulau Rumberpon. 


Tercakup di dalamnya 500 Km garis pantai Pulau Induk Papua dengan terumbu karangnya dan daerah pesisir pantai dan terumbu karang dari ke 18 pulau yang berada di dalam zona inti, zona pelindung dan zona pemanfaatan terbatas. 

Ke 18 pulau itu adalah: Pulau Nuburi, Pepaya, Nutabari, Kumbur, Anggromeos, Kabuoi, Rorado, Kuwom, Matas, Rouw, Iwaru, Rumarakon, Nusambier, Maransabadi, Nukup, Paison, Numerai, dan Wairundi.

Luas daratan dan perairan dalam kawasan TNTC dapat dirinci sebagai berikut:

  1. Daratan = 68.200 Ha, terdiri dari: Pesisir Pantai = 12.400 Ha (0,9%) Daratan Pulau-pulau = 55.800 Ha (3,8%)
  2. Perairan/laut = 1.385.300 Ha, terdiri dari: Terumbu Karang = 80.000 Ha (5,5%) Laut = 1.305.300 Ha (89,8%)

Post a comment

nabire.NEWS

{picture#https://1.bp.blogspot.com/-6pUnA5nMAJU/XtxVsT3qMfI/AAAAAAAAAdk/Or_LzfmtqdocFEJ_4BplnES8prVGr5j0gCLcBGAsYHQ/s1600/ghh.jpg} Nabire.NEWS adalah harian berita online berbasis Sains dan Humaniora. Ada empat hal yang menjadi fokus pemberitaan Nabire.NEWS, yaitu: (1) Kejadian menarik yang terjadi dalam kehidupan; (2) Artikel berupa Kajian Teori dan Gagasan Konseptual; (3) Fakta Peradaban Ilmu Pengetahuan; (4) Untuk menambah pengetahuan tentang kearifan lokal, maka disajikan informasi dari wilayah Timur Nusantara, khususnya Kabupaten Nabire {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.