Ir. Ben Gurion Saroy. M.Si, Kepala Balai Besar Taman Nasional Laut Teluk Cenderawasih

Nabire.NEWS - Taman Nasional Teluk Cenderawasih termasuk dalam salah satu dari 50 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dan Kawasan Strategis Nasional (KSN) serta menjadi satu kesatuan dengan Kawasan Ekonomi Khusus Sorong (KEK) dan Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu (KAPET Biak).

Untuk itu, sebagai salah satu destinasi wisata alam baik nasional dan internasional, maka keberadaan sarpras yang layak, nyaman
dan aman sangat menentukan tingkat kunjungan wisatawan.

Pembangunan sarana prasarana pengelolaan di Taman Nasional Teluk Cenderawasih ini merupakan inovasi dalam pengembangan wisata alam di bentang alam Kepala Burung Pulau Papua. Sarpras yang akan dibangun ini memiliki potensi pemanfaatan yang luas bagi Taman Nasional Teluk Cenderawasih, terutama bagi masyarakat luas yang berkunjung ke taman nasional maupun masyarakat sekitar kawasan. 

Ditemui di kelurahan Morgo Kotalama, Nabire, Ir. Ben Gurion Saroy. M.Si selaku Kepala Balai Besar Taman Nasional Laut Teluk Cenderawasih (BBTNTC) menegaskan bahwa pembangunan sarana prasarana pengelolaan di Taman Nasional Teluk Cenderawasih termasuk Whale Shark Center, telah melalui proses Studi Kelayakan (FS), Masterplan, dan DED.

Diagram Master plan dan DED minimal sarana dan prasarana Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Menurut Saroy, berdasarkan aspek lingkungan, beberapa prinsip yang berhubungan dengan kualitas pembangunan fisik dan pelestarian karakteristik lokal adala sebagai berikut.

Ramah lingkungan. Pengembangan yang dilakukan baik itu bangunan dan lanskap, maupun sarana-prasarana lainnya akan semaksimal mungkin memperhatikan efisiensi lahan, material, energi dan sumber daya serta senantiasa mengupayakan pengelolaan sampah yang berkelanjutan dan konservasi lingkungan.

Karakter lanskap. Desain yang dikembangkan harus bisa memperkuat karakter tapak yang ada. Solusi desain bertujuan menyeimbangkan proses pembangunan dengan perlindungan bantaran sungai dan sumber air, serta karakter kawasan dan tradisi lokal.

Penataan lanskap. Desain lanskap bertujuan untuk menyatukan area dan fungsi konservasi dan pendidikan, merangsang interaksi sosial, menawarkan kenyamanan dan keamanan, serta mencerminkan kepedulian yang nyata terhadap lingkungan.

Display. Fungsi pendidikan dan budaya lokal dapat dipresentasikan melalui penggunaan papan informasi, seni instalasi dan signage yang diatur sedemikian rupa untuk memudahkan dan memperkuat struktur ruang serta karakter lanskap dan identitas lokal yang ada.

Integrasi kawasan. Sebagai kawasan dengan fungsi wisata alam, pendidikan, tapak berpotensi untuk memberikan alternatif lain bagi daerah bagi pengembangan wisata alam sehingga integrasinya dalam kawasan akan memberikan nilai tambah.

Berkualitas, tahan lama, rendah biaya. Prinsip ini digunakan dalam setiap aspek pekerjaan mulai dari konstruksi bangunan dan lanskap, pemeliharaan, dan kemungkinan renovasi di kemudian hari. 

Saroy menambahkan bahwa dari aspek ruang dalam pembangunan sarana prasarana pengelolaan di Taman Nasional Teluk Cenderawasih ini, lebih menggunakan prinsip-prinsip yang berhubungan dengan komposisi lanskap dan bangunan dalam membentuk lingkungan alami yang ada, diantaranya adalah:

Pengaturan pusat aktivitas. Menempatkan fasilitas utama dan fasilitas pendukung pada jarak tempuh yang tidak jauh (≤ 15menit berjalan kaki) dari setiap bagian lanskap dan pusat aktivitas lainnya di dalam tapak.

Struktur lanskap. Lanskap yang akan dikembangkan bertujuan memperkuat struktur ruang dari tapak serta memperjelas kesatuan dari sistem sirkulasi dan ruang terbuka yang tersebar pada tapak.

Kesesuaian. Rencana tapak bertujuan mendapatkan keseimbangan secara ekologi antara fungsi wisata alam terhadap lingkungan alamiah disekitar tapak.

Focal spaces. Segmen pada tapak yang memiliki karakter ruang yang menonjol dan berpotensi sebagai point interest, dipertahankan untuk kemudian dikembangkan sebagai focal point kawasan guna mengakomodasi aktivitas khusus sesuai kebutuhan pengguna di dalam tapak. (Red)

Post a comment

nabire.NEWS

{picture#https://1.bp.blogspot.com/-6pUnA5nMAJU/XtxVsT3qMfI/AAAAAAAAAdk/Or_LzfmtqdocFEJ_4BplnES8prVGr5j0gCLcBGAsYHQ/s1600/ghh.jpg} Nabire.NEWS adalah harian berita online berbasis Sains dan Humaniora. Ada empat hal yang menjadi fokus pemberitaan Nabire.NEWS, yaitu: (1) Kejadian menarik yang terjadi dalam kehidupan; (2) Artikel berupa Kajian Teori dan Gagasan Konseptual; (3) Fakta Peradaban Ilmu Pengetahuan; (4) Untuk menambah pengetahuan tentang kearifan lokal, maka disajikan informasi dari wilayah Timur Nusantara, khususnya Kabupaten Nabire {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.