Manusia adalah makhluk teknologi yang paling sempurna di jagad ini! Dalam segala aktivitasnya, manusia nyaris tak terhindarkan dari penggunaan teknologi. Akibat penggunaan teknologi, segala informasi yang terjadi bisa dengan mudahnya diketahui. Misalnya melalui internet televisi, radio, dan media massa lainnya. Hal ini memberikan dampak positif bagi manusia dalam mengolah setiap sumber informasi. Namun keberadaan teknologi secara tidak langsung dapat pula menggeser nilai-nilai kebudayaan yang telah ada pada suatu daerah. 

Ini merupakan suatu gejala yang mengkhawatirkan jika tidak ada upaya penganggulangan dari masalah tersebut. Perlu adanya solusi dan benteng diri sebagai manusia, yang salah satunya melalui pendekatan agama. Disamping itu, perlu adanya peran manusia yang cerdas sebagai pengguna teknologi yang jangan sampai nilai budaya dapat tergeser hanya karna munculnya hasil teknologi-teknologi baru.

Sejarah telah mengajarkan, bahwa manusia adalah makhluk di planet bumi yang memang paling pintar dan selalu ingin tahu. Dan hasilnya, manusia selalu menemukan hal-hal baru sepanjang hidup di dunia ini. Mulai dari manusia purba yang menghantamkan batu ke tanah untuk dapat membuat perkakas, hingga upaya untuk menghubungkan seluruh hal di dunia dengan jaringan Internet.

Terlepas dari fakta bahwa umat manusia telah menghabiskan lebih dari 15 tahun melewati milenium baru, memasuki awal abad 21 ini, manusia banyak sekali memberikan berbagai temuan-temuan baru—beberapa di antaranya adalah temuan luar biasa. Ini mengingatkan kita bahwa, tidak peduli semaju apapun peradaban, keingintahuan manusia tidak akan pernah berhenti untuk terus menghadirkan penemuan revolusioner. Berikut 10 teknologi dari awal abad 21 yang dianggap sangat berpengaruh untuk membuat hidup manusia menjadi lebih hidup:

1. Bluetooth
Bluetooth adalah bentuk teknologi nirkabel, yang namanya terinspirasi dari seorang raja Denmark ini, pertama kali diperkenalkan ke publik pada tahun 1999, tetapi baru diaplikasikan di ponsel dan komputer pada tahun 2001. Walaupun bukan teknologi pertama yang menghubungkan dua perangkat secara nirkabel, Bluetooth hingga kini telah berkembang pesat dan menjadi pilihan untuk menyambungkan perangkat utama dengan aksesorinya. Dengan hadirnya Bluetooth 4.0+ yang serba hemat energi, maka era Internet of Things (IoT) memang rasanya berpotensi untuk semakin berkembang pesat.

2. Mozilla Firefox
Datang dan menggeser dominasi browser Internet Explorer, Mozilla Firefox tampil menjadi pionir browser alternatif yang paling dipilih oleh pengguna untuk berkelana dalam dunia maya. Sejak kekalahan Netscape Navigator dalam pertempurannya dengan Internet Explorer, Firefox menjadi satu-satunya browser open-source dengan banyak add-on yang dapat mengakomodasi berbagai kebutuhan penggunanya. Hadir dengan nama Phoenixpada tahun 2002, kini posisi Firefox telah tergantikan dengan hadirnya Google Chrome danbrowser lain yang lebih ringan. Walau begitu, tim pengembang terus mengembangkan rilis yang lebih efisien dengan varian plugin dan add-on yang lebih bervariasi. Ditambah Firebugsebagai add-on, ternyata Mozilla Firefox masih menjadi pilihan utama sebagian besar developer web untuk menguji halaman situs yang mereka buat—walau tidak sedikit juga yang menggunakan Chrome Developer tools.

3. Facebook
Menghubungkan manusia dari berbagai latar belakang suku, geografis, dan umur yang berbeda, bukanlah perkara mudah. Facebook berhasil menyatukan hingga miliaran pengguna dalam sebuah media sosial dengan antarmuka yang sangat user-friendly. Walau bukan yang pertama melakukan hal ini (masih ingat MySpace, Bebo, dan Friendster?), media sosial sebelumnya belum ada yang dapat menghimpun sedemikian besar pengguna serta mengakomodasi kebutuhan mereka dengan baik. Kini, dengan hampir 1,7 miliar pengguna yang tersebar di seluruh penjuru dunia, Facebook sudah menjadi bagian dari keseharian manusia. Dengan memiliki banyak kelebihan, deretan fitur, serta kemampuan yang dapat memudahkan kita bertemu kembali keluarga dan kawan lama di dunia maya. Sayangnya, Facebook kerapkali menjadi sarana melakukan cyber crime. Karenanya, pengguna harus lebih bijaksana menggunakannya.

4. Oculus Rift
Menggunakan sebuah perangkat yang memungkinkan manusia untuk masuk ke dalam dunia virtual dan berinteraksi dengannya mungkin hanya dapat kita lihat di berbagai film fiksi ilmiah. Namun saat ini hal tersebut sudah menjadi kenyataan dengan Oculus Rift. Dengan menjadi salah satu perangkat Virtual Reality (VR) yang paling berpengaruh abad ini, Rift menetapkan standar baru dalam dunia VR dengan tingkat realitas tinggi yang dihadirkan pada panel beresolusi 2K di dalamnya. Langkah Oculus Rift dalam mengembangkan produk mereka kini telah diikuti oleh beberapa pemain besar, seperti HTCVive, PlayStation VR, Sulon Q, Samsung Gear VR, LG 360 VR, dan Microsoft HoloLens. Tidak hanya dalam video game dan konten hiburan lainnya, Oculus Rift juga sudah mulaidigunakan di beberapa instansi untuk penerapan program-program khusus, seperti simulasi bedah, terapi PTSD (post-traumatic stress disorder), virtual class, dan lain-lain.

5. Kendaraan Hybrid
Dengan persediaan minyak bumi yang semakin hari semakin menipis, serta kadar kualitas udara yang semakin buruk, diperlukan adanya inisiasi menciptakan sebuah moda transportasi yang hemat energi juga ramah lingkungan. Berbagai upaya telah dilakukan sejak abad ke-15, tetapi baru saat ini kendaraan hybrid berhasil mematangkan teknologi mereka dan siap untuk meluncur ke pasar. Kendaraan ramah lingkungan bekerja dengan memanfaatkan mesin berbahan bakar bensin dengan bantuan mesin bertenaga listrik. Ini dilakukan untuk mencapai konsumsi bakar yang lebih hemat. Sementara itu Tesla dan beberapa produsen otomotif lain juga memproduksi solusi moda transportasi ramah lingkungan dalam bentuk mobil listrik. Dengan inovasi-inovasi ini, di masa depan moda transportasi bukan tidak mungkin akan meninggalkan bahan bakar minyak dan beralih ke energi yang lebih bersih, yakni listrik.

6. Memori Artifisial
Pernahkah Anda memiliki keinginan untuk menghilangkan memori buruk tentang seseorang atau masa lalu? Ataukah Anda ingin menghilangkan kebiasaan buruk serta fobia terhadap hal tertentu? Inilah satu lagi produk isapan jempol penulis fiksi ilmiah yang berhasil diwujudkan di abad 21 ini. Sebuah kolaborasi antara Riken Brain Science Institute di Jepang dengan Picower Institute for Learning and Memory dari MIT, Massachusetts, yang berhasil menemukan metode menanamkan memori palsu ke dalam otak tikus percobaan mereka. Terobosan ini secara signifikan dapat memperluas pengetahuan kita tentang bagaimana ingatan bekerja, dan memungkinkan terapi psikiatri untuk melawan kondisi mental tertentu—seperti PTSD dan depresi.

7. YouTube
Siapa yang tidak kenal dengan situs YouTube yang didirikan oleh tiga mantan karyawan PayPal yang memulai debutnya pada tahun 2005? Ya, sejak hari itu, YouTube telah berkembang pesat menjadi situs berbagi video terbesar dan terpopuler di dunia. Hampir semua hal dapat ditemukan di YouTube, mulai dari berita, hiburan, video klip musik, tutorial, iklan, sampai video kucing. YouTube menghadirkan sensasi “mesin waktu.” Kita dapat melihat hampir seluruh konten yang ada di masa lalu, bahkan di masa depan (melalui beragam trailer atau teaser). Dengan YouTube, kini banyak orang yang memiliki keterampilan baru ataupun mempertajam kemampuan mereka melalui video tutorial dan tip yang ada di dalamnya secara gratis. Ini sangat mempermudah karena pengguna bisa langsung terlibat dengan orang yang memeragakan tutorial tersebut.

8. Organ Buatan
Lensa kontak bionik, sensor gigi, jantung buatan, hati buatan, serta pankreas buatan, adalah beberapa contoh organ buatan yang telah berhasil dirancang dan dibuat oleh manusia. Walaupun semuanya belum ada yang dapat 100 persen menggantikan fungsi organ sebenarnya, tetapi hal ini adalah terobosan besar di dunia kesehatan. Apabila dikembangkan lebih lanjut, teknologi ini menolong jutaan pasien yang membutuhkannya. Seluruh organ buatan ini masih terus dikembangkan para peneliti dalam hal menelusuri kompatibilitasnya dengan organ tubuh manusia, kemungkinan-kemungkinan lain yang akan terjadi, serta parameter-parameter lain yang nantinya berperan—mengingat organ buatan ini adalah objek asing yang seringkali “ditolak” tubuh.

9. Smartphone
Teknologi ini membuat manusia serba ketergantungan. Ya, smartphone. BlackBerry dan iPhone adalah dua nama smartphone yang memulai debutnya pada tahun 2006. Android baru turut serta dalam industri smartphone baru tahun 2008. Sejak kehadirannya,smartphone telah menjadi bagian dari hidup dari hampir semua manusia. Dari mulai bangun tidur, siang hari, hingga sebelum tidur kita tidak dapat melepaskan pandangan kita ke layar smartphone kita, baik untuk hanya sekadar melihat berita, melihat email kantor, atau untuk sekedar mengecek media sosial. Smartphone telah mengubah hidup manusia secara drastis. Dulu, apabila kita ingin liburan, pastinya akan kerepotan ketika harus membawa kamera, GPS, pemutar musik, catatan, senter, dan radio. Kini dengansmartphone, semua itu sudah dapat kita nikmati dalam satu bundel. Apabila kita dulu saat kuliah harus menenteng tumpukan buku yang berat, kini dengan adanya e-book, kiita dapat memasukkan semua buku yang diperlukan ke dalam smartphone. Perangkat ini telah memanjakan kita, tetapi apakah kita mampu hidup tanpanya?

10. Google Translate
Bagi para pelajar yang tidak memiliki kemampuan berbahasa asing, mencari materi pelajaran dari buku-buku berbahasa asing adalah kendala tak terhindarkan. Pelajar harus memahami tiap kata dan kalimat, serta membolak-balik kamus untuk mendapatkan padanan kata yang diharapkan dari buku tersebut. Kini, dengan adanya Google Translate, para pelajar jauh lebih tertolong. Secara umum, terjemahan kalimat per kalimat dari Google Translate dapat dipahami sebagian besar orang. Hingga sekarang, Google Translatemengalami perkembangan untuk meruntuhkan tembok perbedaan bahasa dari penggunanya di seluruh dunia.

Demikianlah 10 teknologi yang memang saat ini paling digandrungi sebagian besar kalangan di seluruh dunia. Walau terbilang terlalu dini menyebutkan sederetan 10 teknologi yang diuraikan sebelumnya sebagai yang terbaik, namun setidaknya nama-nama tersebut cukup membawa dampak besar bagi kehidupan manusia hingga hari ini. Di masa akan datang, sudah pasti akan lebih lebih banyak lagi inovasi-inovasi yang tentunya bakal berminculan untuk mempermudah hidup manusia. (Red KIM Online)


Post a comment

nabire.NEWS

{picture#https://1.bp.blogspot.com/-6pUnA5nMAJU/XtxVsT3qMfI/AAAAAAAAAdk/Or_LzfmtqdocFEJ_4BplnES8prVGr5j0gCLcBGAsYHQ/s1600/ghh.jpg} Nabire.NEWS adalah harian berita online berbasis Sains dan Humaniora. Ada empat hal yang menjadi fokus pemberitaan Nabire.NEWS, yaitu: (1) Kejadian menarik yang terjadi dalam kehidupan; (2) Artikel berupa Kajian Teori dan Gagasan Konseptual; (3) Fakta Peradaban Ilmu Pengetahuan; (4) Untuk menambah pengetahuan tentang kearifan lokal, maka disajikan informasi dari wilayah Timur Nusantara, khususnya Kabupaten Nabire {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.